small but nice, simple but memorable

Jumat, 04 Februari 2011

nilai













manusia punya banyak sel saraf, masing-masing punya fungsinya sendiri, punya pendapat sendiri, jadi engga salah dong kalo orang-orang menyimpulkan berbagai macam hal. termasuk diri kita. kadang gue suka mikir kalo hidup terus-menerus untuk memperlihatkan suatu kenyamanan pada seseorang kasian dong diri kita sendiri. mau sampai kapan dia ditutupi topeng kepalsuan hanya karena memberi kenyamanan pada orang lain. pantesan banyak artis yang badannya kurus-kurus. dia selalu menyembunyikan kesedihan didepan public agar bisa menghibur ibu-ibu yang nonton lawakannya tiap hari, kasian yah.

menilai diri sendiri itu memang sulit, buktinya gue selalu merasa kebingungan kalo ditanya "lo itu kaya gimana sih ?" nah loh.. gue mesti memutar otak untuk menceritakan gue kaya gimana. dan di otak gue itu udah muter-muter berbagai kecemasan. nanti kalo gue bilang begini disangka begitu kalo gue bilang begitu disangka begini. begini salah begitu salah kan jadinya. penilaian bisa berbeda dihadapan orang meski yang kita utarakan benar adanya. dan yang susah adalah bagaimana cara untuk meyakinkan bahwa ucapkan kita bukan fiktif belaka. kadang gue sering nasehatin orang untuk jadi diri sendiri senyaman mungkin. tapi pernahkah membayangkan bahwa sesuatu yang membuat kita nyaman bisa menjadi tidak nyaman dimata orang lain.

masalah penilaian biasanya memang mutlak dari orang lain, tapi bagaimana caranya penilaian diri terhadap diri sendiri itu diakui. memang dalam proses menilai itu terjalin suatu proses penimbangan yang mana penimbangan itu dipengaruhi oleh tata cara serta norma yang dianut dalam suatu masyarakat, apakah nantinya akan dianggap baik atau dianggap buruk. semua tergantung budaya yang dianut di dalam masyarakat itu sendiri. pernyataan gue yang ini memang klise sih, tapi yang kita pelajari selama berpendidikan yaa memang begini.

Jadi apa yang harus dilakukan untuk dapat penilaian baik dari orang namun tidak membohongi diri sendiri ?

0 comments:

Posting Komentar

© vanilla essens, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena