small but nice, simple but memorable

Minggu, 13 Februari 2011

JEJAK LANGKAH BANG PITUNG

siapa yang engga kenal sama robbinhood betawi, kalo belum kenal nih gue kenalin. namanya si pitung. sipitung lahir dari rahim seorang wanita bernama mpok pinah dan bapaknya bernama piun, munkin karena gabungan dari kedua orang tuanya makanya ia dinamakan si pitung. pitung itu sangat terkenal di betawi karena ia sering menolong rakyat miskin dan jelata, walau cara menolongnya engga baik. Si pitung gemar mencuri dan merampok harta orang-orang kaya lalu di bagikan kepada rakyat miskin. ini namanya jahat tapi baik, atau baik tapi jahat. cuma gara-gara hal yang begini masyarakat betawi masih menyebutnya pahlawan.

bicara soal rumah si pitung yang kemaren gue kunjungi, yang letaknya di marunda pulo jakarta utara. kalo mau kesana patokannya sekolah tinggi ilmu pelayaran (STIP). katanya rumah yang ada di marunda pulo ini katanya bukan rumah si pitung tapi rumah juragan terkaya di daerah itu namanya bapak syaffiudin. kenapa dinamakan rumah si pitung alasannya karena rumah itu pernah di rampok oleh si pitung.

bangunan rumah pak syaffiudin ini merupakan rumah panggung yang bernuansa bugis melayu, karena marunda kawasan pesisir maka bentuk rumah ini di bentuk sedemikian rupa agar menghindari pasang surut air laut. bangunan terbuat dari kayu yang beberapa kali mengalami renovasi. duli lantainya dari bambu namun telah diganti menjadi kayu. warna cat juga lebih merah dan mengesankan tidak terlalu tua pada rumah ini. untuk masuk kedalam rumah ini hanya diperbolehkan paling banyak 20 orang karena kontruksi bangunan yang rapuh. datang ke objek wisata ini tidak dipungut biaya sesuai tarif hanya seikhlasnya saja.



ini merupakan jembatan dari kayu dan bambu yang dilewati ketika menuju rumah si pitung


menuju kesana, kita akan di suguhkan dengan pemandangan empang yang ditumbuhi bakau













semua foto diatas diambil pake kamera handphone jadi hasilnya kurang begitu memuaskan :P

0 comments:

Posting Komentar

© vanilla essens, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena