small but nice, simple but memorable

Minggu, 21 Agustus 2011

Share is happiness

karena hidup tidak selalu menerima, ada saatnya kita untuk memberi. beri semua dengan ikhlas.












"karena kakak sayang adik, adik juga sayang kakak"

itu sepenggal lirik dari lagu yang diajarkan teman teman kita dari komunitas sahabat anak manggarai. karena mereka kakak yang sayang ke pada adik-adik maka apapun akan dilakuakn untuk bisa membantu sang adik. adik-adik yang tinggal di manggrai, adik-adik yang senantiasa bergulat dengan debu-debu dekat stasiun.












seminggu yang lalu tepatnya aku diberi kesempatan untuk datang ke acara mereka. acara yang tidak membosankan. bagi saya berada di tengah-tengah anak-anak kecil yang masih ingusan membuat kita harus ekstra sabar. celotehannya yang terkadang mengejutkan memberi kesan tersendiri yang akan menbuat kita tidak bisa diam untuk tertawa.

acara buka puasa yang diadakan di aula karang taruna manggarai ini sangat meriah menurutku. acara gabungan dari dua komunitas sosial seperti sahabat anak manggarai dan rumah harapan 23 ini memberi pengalaman baru lagi bagiku. tidak hanya pengalaman tetapi juga teman-teman yang baru.

aku akan bercerita tentang komunitas sahabat anak ini. jadi komunitas ini berisi orang - orang yang sangat berhati mulia. mereka datang dari berbagai macam latar belakang. mereka yang siap meluangkan waktu. mereka ini setiap minggu saling bergiliran mengajar di sekolah terbuka yang isinya anak-anak jalanan yang memang butuh bantuan untuk belajar. walaupun sepertinya tidak semua dari anak-anak ini merupakan anak jalanan namun tetap saja adik-adik kita yang tinggal disana sangat butuh sekali jasa dari mereka-mereka ini. komunitas ini tersebar di beberapa daerah, yang aku tau hanya di manggarai dan depok. jujur loh aku ingin sekali menjadi salah satu dari mereka :P. tentang rumah harapan 23, kalau komunitas ini yang saya tau adalah sejenis paud yang adanya di jogja dan di medan. agak mirip dengan komunitas sahabat anak, hanya saja komunitas ini lebih memperhatikan anak-anak yang hampir masuk sekolah. yang usianya dini, sekitar 3-5 tahun.












sebelum waktu bedug magrib terdengar, adik adik belajar dahulu. hari itu jatuh pada hari minggu dan minggu itu merupakan jadwal hari belajar mereka dengan kakak-kakak sahabat anak. aku berkesempatan untuk mengajar juga, anak kelas 4 sd. dan menurutku mereka pintar karena mampu menjawab soal matematikaku dengan cepat. hmmm diantara pintar atau soal yang aku buat terlalu gampang sih hehe. selesai belajar untuk menghilangkan kejenuhan ada seorang kakak yang membacakan dongeng dan mengajak bernyayi kemudian diteruskan ceramah ringan oleh kakak lainnya.









































kemudian setelah bedug magrib terdengar, kami berbuka dengan yang manis-manis sambil duduk di tikar dengan manis :D

























acara tidak berlangsung lama karena adik-adik harus pulang untuk solat teraweh maka dan acara selesai dengan suka cita.






















aku agak menyesal pulang lebih dulu karena jadi tidak bisa berbincang-bincang dengan kakak-kakak komunitas sahabat anak manggarai. tapi pengalaman ini sudah cukup membuat ramadhon tahun ini sangat berkesan. terima kasih jane, saki, lucas yang sudah mengajak aku untuk datang ke acara ini :D

0 comments:

Posting Komentar

© vanilla essens, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena