small but nice, simple but memorable

Kamis, 30 Desember 2010

KELEMBAGAAN



yang saya posting kali ini adalah tentang perjalanan saya ke desa TKI, sebut saja Purwakarta. Bicara mengenai desa ini banyak yang unik disana. desa yang saya datangi bernama desa ciherang. Desa ini memang salah satu desa yang sangat welcome sekali terhadap kedatangan para mahasiswa seprti saya ini. hampir semua pelosok masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan studi kami. iyaa kami.

kebetulan saya mendapat sebuah tema mengenai kelembagaan, jadi inti dari kajian saya adalah mengenai pengaruh kelembagaan desa terhadap kesejahteraan ekonomi penduduk. judulnya saja ambigu, kesejahteraan penduduk yang mana saya juga tak tahu. akhirnya saya membatasi masalah kesejahteraan penduduk ini dengan ruang lingkup anggota kelembagaannya. jadi lebih kepada penelitian gajih pejabat disana kasarnya.

saya melakukan wawancara dengan alat bantu kuisioner, jenis kuisionernya tertutup. kembali lagi kekata kami, karena saya tidak mungkin sendirian untuk mengerjakan ini. kami berkelompok membagi tugas kami. ada yang mewawancarai ibu PKK, Pak RT, Pak RW, sampai pemuda karang taruna. karena memang itulah target kami.

setelah dikumpulkan hasil wawancaranya, maka kami meyimpulkan bahwa kelembagaan tidak selalu memberi kesejahteraan ekonomi yang mencukupi. para pejabat dari lurah sampai RT memiliki pekerjaan sampingan yang hasilnya bahkan lebih dari cukup untuk menafkahi seluruh kebutuhannya.

sekian tentang studynya...


0 comments:

Posting Komentar

© vanilla essens, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena